Selasa, 17 Juni 2008

Makna Kehidupan


Apakah makna kehidupan ini, apakah kita hanya untuk menemukan cinta apakah hanya itu saja, akankah bila kita temukan kehidupan yang lain apakah tetap yang kita cari adalah cinta, cinta seperti obat dalam kehidupan kita. Akan berguna bagi kita apabila diberikan pada penyakit yang tepat dengan dosis yang. Apabila kamu menderita derita cinta yang tak terbalas seperti bila kamu sakit tetapi tidak mendapat obat atu bila kita memakai obat yang lain tidak akan meyembuhkan kita hanya akan sedikit menghilangkan rasa sakit kita. Dan orang yang paling sehat adalah orang gila, apabila orang tersebut tidak merasakan sama sekali sakit dalam hidupnya( cinta) dan orang yang paling parah sakitnya juga orang yang gila akibat perasaanya(cinta).
Kita berada ditengah-tengah orang tersebut, akal kita yang membuat kita untuk selalu mencari cinta dan untuk mendapatkan cinta. Kamu kukatakan manusia jika mempunyai kehendak, dan makna hidup. Kehendak jika kita mampu mengambil keputusan dan sikap terhadap kondisi tertentu. Kita bukan manusia yang ada hanya untuk menerima perintah juga bukan untuk memerintah manusia yang lain. Tetapi eksistensi kita akan terbentuk dengan apa yang telah kita lakukan. Apakah kita akan terus hidup karena orang lain. Tapi apakah ada orang yang benar-benar merasakan sendiri dalam hidupnya hidup hanya untuk dirinya sendiri, apabila hal tersebut ada maka manusia tersebut telah berevolusi menjadi kehidupan yang lain bukan termasuk manusia tetapi tidak memiliki akal tetapi juga merupakan hewan tetapi mempunyai akal.
Kehendak membuat kita memiliki hak yang mengarah kepada kebebasan yang mutlak. Yang akan terus berbenturan dengan kehendak orang lain.karena setiap kebebasan selalu di ikuti oleh tanggung jawap.
Makna hidup, apa yang kamu ketahui tentang ini. Yang aku tahu sekarang ini aku juga sedang mencarinya. Dimanakah makna kehidupan apakah terdapat dalam diri kita atau berada diluar jangkauan pemikiran kita. Menurut suatu penegertian makna hidup merupakan sesuatu yang diangap penting, sehingga kusus bagi seseorang akan mencari yang dinamakan makna kehidupan. Jika orang tersebut menemukan makana hidup maka orang tersebut akan merasakan bahwa kehidupanya akan bermakna dan sangat berarti. Pada akibatnya akan menimbulkan perasan bahagia karena berhasil mencapainya.
Apabila dikaitkan dengan cinta apakah cinta termasuk makna kehidupan, seringkali dalam hidup seseorang mencari cinta yang benar. Yaitu orang yang sangat membuatnya merasakan jatuh cinta. Bisa saja hal tersebut tibul karena hubungan timbal balik yang terjadi secara terus menerus atau karena dorongan kimia yang terdapat dalam tubuh kita. Maka seorang play boy dan play girl dapat saya masukan sebagai orang yang tidak konsisten. Karena mereka menerima segenap cinta yang datang padanya. Atau bisa juga mereka adalah orang yang kebingungan mencari makna kehidupanya(cinta) yang dapat memenuhi segala hasratnya terpendam dalam hatinya.
Mereka adalah orang-orang yang berani menerima dan mencampakan makna kehidupan orang lain(cinta). Keberanian itu juga akibat dorongan makna hidupnya, maka akibat oder thing yang selalu menuntutnya untuk mencapainya.
Proses perjalanan mereka selalu saja menarik untuk kita perhatikan, karena dalam hati kita sebenarnya mengingikan hal tersebut. Kita masih terikat oleh kehendak kita untuk selalu bebas dan tidak bertanggung jawap terhadapa apa yang kita lakukan. Sebab perasaan kita terlalu ditekan oleh ikatan hubungan yang sebenarnya hanya sebuah ikatan perasaan semu belaka. Keinginan untuk bebas membawa kita untuk menyalurkan hasrat kita juga secara bebas, membawa kejarum kenikmatan yang tertinggi didunia. Kembali kepada proses makna kehidupan, tapi yang pertama saya sebutkan adalah ciri makna kehidupan yang pertama makna kehidupan bersifat unik dan personal. Artinya yang diangap bermakna dan penting bagi seseorang belum tentu menjadi sesuatu yang berharga dan penting bagi orang lain. Dalam proses pencarian makan kehidupan(cinta) kita harus membuang segala egoisme dalam diri kita. Apa salahnya menyatakan cinta pada teman yang telah kita kenal sangat lama. Atau apa salahnya bila kita CLBK kepada mantan pacar kita bila orang tersebut sebenarnya sangat berharga dalam hati kita.
Bila kita terusik oleh perasaan yang ada sebelumnya coba hilangkan perasaan itu, tanpa mengubah siapakah sebenarnya kita. Apabila kamu masih terikat, maka lepaskanlah karena makna hidupmu menunggumu. Apabila makna hidupmu tidak menerimamu maka adalah pilihanmu sendiri tetap sabar pada makna hidup yang kamu tujuh ataukah mencari makna hidup yang lain.
Yang ketiga makna kehidupan selalu memberikan pedoman dan perbuatan yang kita lakukan, kita menjadi seperti pesuruh oleh hati kita sendiri. Segala perbuatan kita merupakan hasil olah hati kita bukan merupakan hasil pemikiran kita, bila kita tidak memenuhi hal tersebut akan membuat kita seolah menentang pemikiran kita. Tapi sebenarnya secara rasioanal hal tersebut tak perlu kita lakukan.
Apabila, Baumeister menganalogikan cinta dengan obat candu, karena cinta sendiri akan tubuh secara sedikit demi sedikit. Seperti candu apabila kita gunakan akan terus membutuhkan dosis yang lebih tinggi, yang tiap dosis yang kita masukan dalam tubuh kita akan menimbulakan perasaan bahagia. Dan perasaan bahagia apabila jumlah dan caranya tetap sama akan menimbulakan kebosanan dan apabila kita kita hentikan candu kita masukan dalam tubuh kita akan menyebabkan kita menderita karena sudah menjadi kebutuhan kita adic. Tetapi apakah cinta juga seperti candu yang apabila pada tahap tertentu yang tubuh kita menolaknya akan membuat mati kita. Dalam kasus cinta yang akan mati adalah cinta tersebut dalam hati kita yang munkin layak untuk dikubur.
Apakah, apabila yang kita terima adalah penolakan akankah sikap yang kita lakukan selalu adalah sikap negatif yang akan selalu kita tunjukan bukan hanya kepada heart breaker tetapi kepada seseorang yang biasanya kita jadikan pelampiasan. Kadang pula yang dihasilakan dari penolakan adalah menutub diri, cuek, bahkan merendahkan diri orang lain. Padahal sebelum peristiwa penolakan terjadi sikap kita tidak seperti itu, perubahan sikap kearah negatif harus kita hindari.
Hal negatif tersebut merupakan reaksi yang kita tunjukan karena kita merasa menderita akibat cinta kita ditolak, yang membuat kita memandang kehidupan hanya dari satu sisi saja. Yaitu penderitaan dan kecemasan, apabila kita terus memnadang kehidupan hanya dengan satu sisi saja maka penderitaan dalamkehidupan kita tidak akan perna berakhir. Makanya sikap berani harus kita ambil yaitu mencari makna kehidupan yang lain.

Tidak ada komentar: