Minggu, 01 Juni 2008

Sumber PDAM Surabaya


Apakah kamu perna berpikir air yang kau minum itu bersi atau tidak terutama bagi kamu yang tinggal di surabaya, mungkin bagi yang selalu minum air mineral akan mengatakan air minum yang ia minum steril dan bersih, tetapi bagi penguna iar PDAM harus berhati-hati karena dalam air kali surabaya yang menjadi sumber air yang digunakan PDAM mengandung bahan berbahaya yang melebihi kadar yang baik untuk sumber air minum. Dalam kajian yang dilakukan oleh bapedal jatim dalam laporan satatus lingkungan hidup tahun 2003 mengatakan bahwa pada badan air dan sedimen di muara kali tengah yang berhubungan langsung dengan kali surabaya terdeteksi berbagai logam berat yang termasuk dalam katergori B3 ( Bahan Beracun dan Berbahaya ). Dengan stadar kelayakan air adalah parameter mercury = 0.0001 mg/1 sedangkan samper ang di temukan hasil uji mercuri dalam air kali surabaya agustus 2002 adalah
1. Driyorejo, kandungan mercuri pada kanan sungai 0.0584 sedangkan kiri sungai 0.0892 mg/1 .
2. Karang Pilang, kandungan mercuri 0.0308 di kiri sungai sedangkan di kanan sungai adalah 0.0308
3. Kedurus, kandungan mercuri 0.0348 pada kiri sungai dan pada kanan sungai adalah 0.0049
4. Kemlaten, kandungan mercuri pada kanan sungai adalah 0.0142 dan sedangkan pada kiri sungai adalah 0.0067
Hal ini sangat berbahaya bagi warga di sekitar daerah aliran sungai yang masih mengunakan air tanah yang dari sumur warga karena lapisan tanah pasti hanya sedikit menyaring zat yang berbahaya tersebut. karena mercuri yang masuk ke tubuh kita terus menerus yang melebihi kadar yang aman akan menimbulkan penyakit yang dapat ditimbulakan secara langsung atau setelah bertahun-tahun kontak dengan kita.
Yang pertama adalah. Keracunan akut yang ditimbulkan terkontaminasi logam karena adanya kontak singkat dengan kosentrasi tinggi, pada kasus ini adalah kecelakaan pembuangan pewarna kain yang mengandung Cr dan pb di desa krikilan tahun 1999 yang mengakibatkan warga terkena infeksi kulit dan banyak ikan mati di daerah aliran sungai.
Yang kedua adalah, keracunan kronik dan amulatif yang terjadi karena akumulasi selama puluhan tahun mengunakan air yang mengandung bahan berbahaya di kali surabaya. Penyakit yang akan di timbulakan oleh kandungan bertat terutama mercuri yang di temukan paling banyak akan menimbulkan kerusakan syaraf yang merupakan gejala penyakit Minamata.
Surya, Senin. 26 April 2004. mengatakan bahwa air surabaya sudah tidak layak dijadikan digunakan sebagai bahan baku air minum, karena tingakat pencemaranya sudah diamabang batas. Jika diteruskan akan menimbulakan ganguan ginetik pada 5-10 tahun mendatang. Dalam kasus ini yang sebenarnya terancam jika dibiarkan terus adalah generasi yang mendatang yaitu anak atau cucu kita akan merasakan dampaknya. Yang secara langsung atau tidak langsung akan merusak generasi kita karena semakin lamah kadar bahan kimia di aliran sungai akan bertambah terus menerus. Meskipun setelah tahun 2008 PDAM tidak akan mengunakan sungai surabaya sebagai sumber bahan baku diganti oleh sumber air kali Pelayaran di Sidoarjo. Tetapi jika dibarkan semua sumber air bersi kita akan digunakan sebagai pembuangan sampah praktis oleh industri yang merusak ekosistem alam.
Kita masuk dalam keluarga kita dahulu yang saya tayakan adalah apaakah anda masih mengunakan sumber air sumur anda untuk berbagai keperluan seperti mencuci pakaian dan peralatan rumah tangga serta untuk kebutuhan minum sehari-hari dan membersikan bahan makanan. Jika iya ! anda wajib hati-hati karena dalam keluarga anda ada percemaran sumber air minum yang sangat parah. Yaitu diri anda, keluarga anda sendiri, serta tetangga anda sendiri.
Karena jika mengunakan sumber air yang di area rumah kita sendiri untuk segala kepreluan di atas maka kita harus hati-hati karena banyak pencemaran yang ada di lingkungan kita yaitu: apabila kita mencuci peralatan rumah tangga kita pasti mengunakan diterjen yang sebenarnya kurang baik baik bagi air minum dan di tambah juga dengan sampah organik yang kita buang ketika mencuci peralatan dapur kita dari sisa makanan. Di tambah lagi kotoran kita yang kita buang di WC kita. Yang sebenarnya airnya saringan dari tanah yang tidak sempurna mengandung ecoli yang dapat mengakibatkan penyakit perut atau air diterjen yang habis mencuci masuk kedalam tanah kembali lagi ke dalam aliran tanah yang sumber sumur kita. Jadi yang kita minum setiap hari adalah saringan tanah kotoran yang setipa hari kita buang. Apakah mau anda setiap hari meminum dan memakan( dari kita gunakan untuk membersikan bahan makanan kita) apa yang sebnarnya kita buang tiap hari juga.
Kita harus berpikir sebaiknya bagaimaana kita membuang limbah tersebut karena semakin lama akan mengakibatkan kadar higenitas dan kelayakan air minum kita akan semakin menurun. Memang kita membutuhkan industri yang memberikan kehidupan pada masyarakat kita, tetapi kita juga harus memperhatikan bagaiman masyarakat negara moder atau negara maju menjaga lingkunganya. Mereka melarang industri membuang limbah di aliran sungai dan memberikan ancaman yang berat pada mereka yang melarangnya. Dan juga melarang perusahan yang menghasilkan limbah B3 di negara kita. Sehinnga negara miskin seperti negara kita dijadikan tempat berdirinya industri yang menghasilkan limbah B3 karena peraturan lingkungan kita sangat lemah.

Tidak ada komentar: